Sidebar Ad

Pengertian Manajemen| Ini Penjelasannya !

Pengertian Manajemen - Kata MANAJEMEN sudah tidak aneh lagi di telinga. Mungkin ada yang membayangkan: administrasi ialah pekerjaan kantoran , diperusahaan: pakaian rapi , berdasi , sepatu mengkilap dan naik kendaraan beroda empat bagus. Juga punya bawahan. Yang sanggup disuruh suruh. Seperti di film-film itu. Di televisi itu.

Sebenarnya , itu tidak salah. Tapi , manajemen: lebih luas dari sekedar itu. Saking luasnya: ada disemua bidang. Ada disetiap waktu. Dan tanpa sadar , anda telah mempraktekkannya: setiap hari. Bahkan hari ini: ketika ini juga. Saat anda membaca goresan pena ini. Sadar?

Apa itu administrasi ?

Pengertian Manajemen

Definisi administrasi ialah ini: dari kata "Manage". Artinya: mengelola/mengurus , mengendalikan , mengusahakan dan juga memimpin.

Lihatlah: anda membaca artikel ini. Artinya anda mencari: arti manajemen. Anda mengusahakan untuk tahu: apa itu manajemen. Caranya: anda cari via internet. Dan membacanya ditulisan ini.

Stepnya:

1. Anda punya tujuan: mencari tahu arti manajemen.
2. Anda punya rencana: mencari tahu di internet
3. Anda punya aksi: baca goresan pena ini
4. Anda punya evaluasi: bila goresan pena ini tidak memuaskan: baca goresan pena lain. Di blog lain.
5. Anda punya tujuan: tahu pengertian manajemen.

Lihatlah stepnya: mungkin anda tidak sadar. Kalau ternyata: membaca goresan pena inipun. Anda sudah mengaturnya. Mempraktekkan ilmu manajemen.

Memang , ini cuma hal kecil: membaca. Tapi ilmu administrasi -setidaknya- menyerupai mirip itu. Manajemen ialah ilmu mengatur. Mengatur sesuatu , untuk mencapai tujuan.

Contoh tadi hanya lingkup kecil. Semakin besar masalahnya: semakin besar lingkup manajemennya. Seperti ilmu administrasi modern. Yang ingin anda tahu. Yang diperusahaan perusahaan besar itu. Seperti yang di televisi itu. Yang pakai dasi rapi itu.

Simak pengertian administrasi yang lebih lengkap ini:

"Manajemen ialah sebuah proses dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara bekerja secara bersama sama dengan orang - orang dan sumber daya yang dimiliki organisasi."

Ya , secara sederhana pengertian manajemen sanggup ditulis menyerupai itu.

Bagaimana definisi administrasi berdasarkan para andal ?
 Kata MANAJEMEN sudah tidak aneh lagi di indera pendengaran PENGERTIAN MANAJEMEN  , Ini Penjelasannya !
Pengertian Manajemen

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Mary Parker F.

"Pengertian administrasi ialah sebagai suatu seni , tiap tiap pekerjaan sanggup diselesaikan dengan orang lain."

George R. Terry

" Definisi Manajemen merupakan ilmu sekaligus seni , administrasi ialah wadah didalam ilmu pengetahuan , sehingga administrasi sanggup dibuktikan secara umum kebenarannya."

Koontz

"Manajemen ialah suatu seni yang produktif yang didasarkan pada suatu pemahaman ilmu."
Koontz menambahkan , ilmu dan seni tidaklah bertentangan , namun masing masing saling melengkapi.

Stoner

"Ilmu Manajemen merupakan proses dalam menciptakan suatu perencanaan , pengorganisasian , pengendalian serta memimpin banyak sekali perjuangan dari anggota organisasi dan juga memakai semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang ditetapkan."

Wilson

" Manajemen ialah sebagai sebuah rangkaian tindakan yang dilakukan oleh para anggota organisasi dalam upaya mencapai sasaran organisasi. Proses merupakan suatu rangkaian acara yang dijalankan dengan sistematis."

Oey Liang Lee

" Arti Manajemen ialah ilmu dan seni perencanaan , pengorganisasian , penyusunan , pengarahan serta pengendalian (pengawasan) dari sumber daya perusahaan dalam upaya mencapai tujuan yang diinginkan."

Lawrance A Appley

" Manajemen ialah sebuah seni dalam mencapai tujuan yang diinginkan yang dilakukan dengan perjuangan orang yang lain."

Masih kurang? masih banyak andal atau pakar yang lain , dengan susunan kata kata yang berbeda , namun benang merahnya masih tetap sama.

Manajemen ialah ilmu serta seni dalam menjalankan acara suatu organisasi.

Aktivitas tersebut sanggup berupa pengorganisasian yang mencakup : Perencanaan - Penyusunan - Pengusahaan - dan Pengawasan dengan mengerahkan semua sumber daya yang dimiliki oleh organisasi supaya tujuannya terealisasi.

Contoh kalau dalam sebuah perusahaan , tujuannya ialah LABA , dan pada organisasi pemerintahan tujuannya ialah pemaksimalan layanan publik dll.

Manfaat Apa yang Bisa Diperoleh dari Manajemen

Manajemen seolah menjadi hal yang wajib untuk dijalankan dengan sebaik baiknya dalam sebuah perusahaan. Apa saja manfaat yang didapatkan dengan menerapkan ilmu administrasi yang baik?

Berikut diantaranya:
  1. Perusahaan sanggup mendapat hasil yang maksimal dengan sumber daya yang dimiliki.
  2. Manajemen akan memudahkan setiap individu maupun kelompok dalam perusahaan untuk menyajikan dan menjalankan seluruh kerangka kerja yang efektif.
  3. Mengalokasikan dan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki secara efektif
  4. Kerangka kerja dalam jangka waktu yang panjang bahkan yang pendek disusun secara detail dan sanggup dijalankan dengan mudah
  5. Menumbuhkan perilaku profesional disetiap individu pada perusahaan dengan menunjukkan kepercayaan dalam menjalankan kiprah yang diberikan.
  6. Merancang seni administrasi untuk mencapai tujuan secara efektif , rasional , sistematis dan sanggup dijalankan dengan mempertimbangkan semua aspek yang terhubung.

Proses Fungsi Manajemen: Bagaimana Manajemen Bisa Berjalan?

Menurut teori yang umum dijadikan acuan , ada 4 fungsi administrasi yang dikenal dengan istilah POAC (Planning - Organizing - Actuating - Controlling) yang diharapkan dan dijalankan dalam kegiatan manajemen.

 Kata MANAJEMEN sudah tidak aneh lagi di indera pendengaran PENGERTIAN MANAJEMEN  , Ini Penjelasannya !
urutan fungsi administrasi (poac)


1. Fungsi Perencanaan

Perencanaan ialah sebuah proses mendifinisikan tujuan dari organisasi , menyusun seni administrasi untuk mencapai tujuan yang ditetapkan tersebut dan merancang acara kerja organisasi tersebut.

Perencanaan sanggup diartikan upaya dalam mengantisipasi adanya kecenderungan di masa mendatang dan penentuan sebuah seni administrasi yang sempurna biar sanggup merealisasikan tujuan organisasi.

2. Fungsi Pengorganisasian

Pengorganisasian ialah proses yang mencakup bagaimana seni administrasi yang sudah dirumuskan pada ketika tahap perencanaan digambarkan pada sebuah struktur organisasi yang tangguh , sesuai , dan lingkungan yang kondusif.

Pengorganisasian sanggup menunjukkan kepastian bahwa pihak pihak yang berada dalam organisasi sanggup bekerja bersama sama dengan efektif dan efisien.

3. Fungsi Pengarahan

Pengarahan ialah tahap dimana acara diimplementasikan supaya sanggup dilakukan oleh seluruh pihak yang terlibat dalam sebuah organisasi.

Pengarahan sebuah upaya dalam memotivasi pihak pihak tersebut biar sanggup melakukan tanggung jawabnya dengan kesadaran penuh dan tingkat produktifitas yang sangat tinggi.

4. Fungsi Pengendalian

Pengendalian ialah upaya untuk memastikan semua kegiatan yang dijalankan sanggup berjalan dengan semestinya , sesuai dengan tahap dan sasaran yang telah ditetapkan walaupun ada beberapa perubahan perubahan minor yang sanggup terjadi didalam lingkungan yang dihadapi.

Jenis Jenis Manajemen

Ada banyak jenis administrasi yang ada pada sebuah organisasi atau perusahaan. Namun jenis administrasi akan diubahsuaikan dengan kebutuhan perusahaan itu sendiri. Lain perusahaan , lain kebutuhannya.

Perusahaan kecil beda dengan perusahaan besar. Perusahaan dagang beda dengan perusahaan jasa. Bahkan perusahaan sejenispun , kebutuhannya beda. Karena dapurnya beda. Orangnya beda. Cara mengelolanya: beda.

Contoh jenis jenis administrasi yang biasanya hampir selalu diharapkan dalam sebuah perusahaan antara lain:
Perusahaan kecil , belum tentu butuh manajer SDM. Perusahaan jasa belum tentu butuh manajer operasional. Setiap perusahaan , isinya beda. 

Bahkan ada yang merangkap. Manajer SDM juga sebagai manajer pemasaran atau keuangan. Beda tempat: beda perlakuan.

Untuk detail masing masing telah saya posting , silahakan klik pada masing masing jenis administrasi di goresan pena diatas. Semoga goresan pena pengertian administrasi ini bermanfaat untuk anda.

Sumber https://duniaaktaunik1.blogspot.com/
Sumber http://chocgurlz-syzas.blogspot.com/
Sumber http://davidcawthray.blogspot.com/
Sumber https://hizzamzone.blogspot.com/
Sumber https://lyacygdye.blogspot.com/
Sumber https://latifahyusak.blogspot.com/
Sumber https://kindersurpriseee.blogspot.com/
Sumber https://beatourist-in-mylife.blogspot.com/

Subscribe to receive free email updates: